Ulama dan Tokoh Masyarakat Pidie Peusijuek Kakanwil Kemenag Aceh

0
10
PIDIE I NUA– Dr. Iqbal Muhammad, M. Ag yang baru saja dilantik menjadi Kakanwil Kemenag Aceh oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi sekitar dua pecan yang lalu, putra kelahiran Pidie dari pasangan Tgk H Muhammad Arief (alm) dan Hj Cek Rahmah Hasan ini di peusijuek oleh ulama dan tokoh masyarakat Pidie di Dayah Nurul Huda Caleu, Pidie, Sabtu, (25/7/2020).

Acara peusijuek tersebut yang dilakukan oleh Ketua MPU Pidie Tgk. H, Ismi A. Jalil merupakan sebagai bentuk doa keberkahan dan saweu gampong semoga amanah yang di emban putra dari mantan Gubernur GAM itu dapat di laksanakan dengan sepatutnya.

Prosesi acara berlangsung meriah dan pantauan dilapangan para undangan dan masyarakat yang hadir terdiri dari dari berbagai elemen bahkan tamu dari luar daerah juga turut hadir di dayah yang di pimpin Tgk. Muhammad Amin, MA atau akrab disapa Abi Caleu itu.

 

Sementara itu, sebagaimana diutarakan Dr Iqbal, MA  seusai dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Aceh, dirinya akan fokus pada peningkatan dan pembenahan administrasi, peningkatan layanan haji dan kualitas pendidikan madrasah, pembinaan keagamaan dan kerukunan umat beragama di Aceh, serta peningkatan layanan di bidang haji, zakat, dan wakaf.

“Kita ingin lakukan ini karena sesuai dengan visi Menteri Agama untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang islami dan berakhlakul karimah,” katanya. “Kita juga akan melakukan verifikasi dan pengecekan terhadap informasi yang menyebutkan ada KUA (kantor urusan agama) kecamatan yang kosong pada saat jam kerja,” timpalnya putra kelaLahir: Glp. Bungkok (Pidie) 31 Desember 1970 itu.

Selanjutnya, Iqbal juga berjanji akan memberantas dugaan pungutan liar (pungli) yang masih terjadi di beberapa KUA. Namun, sambungnya, sebelum mengambil sikap tersebut, pihaknya akan melakukan cross ceck ke lapangan terlebih dulu.

Sosok yang pernah yang menjadi pengurus NU Aceh dan doktor lulusan UIN Ar-Raniry Ini sebelum menjadi Kaka Kemenag Aceh telah menjabat berbagai jabatan dan Kepala Kemenag di berbagai Kabupaten di Aceh yaitu:

1.      Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pidie Jaya (2013 – 2016)

2.      Kepala Sub.Bag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota B. Aceh (2012 – 2013)

3.      Kepala Seksi Urais Kantor Kemenag Kota Banda Aceh (2008 – 2012)

4.      Kepala KUA Kec. Meuraxa Kota Banda Aceh (2003 – 2008)

5.      Pegawai KUA Kec.Meuraxa Kota Banda Aceh (2001 – 2003)

6.      Kepala Urusan Umum Kandep. Agama Kota Sabang (1998 – 2001)

7.      Pegawai Seksi Urais Kandep. Agama Kota Sabang (1997 – 1998)

8.      Pegawai KUA Kec. Sukajaya Kota Sabang (1996 – 1997)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here